CARA BUKA USAHA TOKO KELONTONG

Tabel of Content [View]
  1. 5 Cara Berinovasi dalam Usaha Warung Kelontong Pada Era Pandemi - New!
  2. Ayo Bosku! Mengenal Manajemen Keuangan Warung Kelontong - New!
  3. Ini Bosku! Apa Itu Toko Kelontong? Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya - New!
  4. Ini Bosku! Tips Menarik Pembeli ke Toko Anda - New!
  5. Mau Buka Toko Kelontong? 10 Barang Ini Wajib Ada - New!
  6. Tips Membuka Toko Kelontong dan Barang Apa Saja yang Laku Dijual - New!
  7. Toko Kelontong Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tipsnya - New!
  8. Usaha Kecil-Kecilan Jangan Diremehkan! Lihat Contoh dan Analisa dari UCEO - New!
Apa Itu Toko Kelontong Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya(4).jpg
Apa Itu Toko Kelontong Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya(3).jpg
Apa Itu Toko Kelontong Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya(2).jpg
Apa Itu Toko Kelontong Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya(1).jpg
Apa Itu Toko Kelontong Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya.jpg

Toko kelontong atau yang biasanya juga disebut sebagai minimarket adalah sebuah toko kecil yang sering ditemukan di sekitar perumahan di perkotaan. Kebanyakan toko kelontong dikelola langsung secara perseorangan oleh pemiliknya. Sejarah toko kelontong di Indonesia cukup berpengaruh. Bisnis toko kelontong yang cukup fleksibel menjadikan usaha ini cukup diminati. Sejarah toko kelontong yang awalnya dijadikan sebagai pemasukan utama, pada era ini, usaha ini justru banyak dijadikan sebagai pemasukan sampingan karena bisa dilakukan sambil tetap bekerja atau mengurus keluarga. 

Tercatat di sejarah toko kelontong di Indonesia dulunya banyak yang masih bersifat konvensional, dimana pembeli membayarkan secara tunai atau barter kepada penjual setelah selesai berbelanja. Namun, seiring berkembangnya teknologi, toko kelontong modern sudah meninggalkan sejarah toko kelontong yang lama. Sekarang banyak toko yang sudah memakai sistem pembayaran non-tunai atau digital di perkotaan, seperti Indomaret, Alfamart, FamilyMart, Lawson, dan lain-lain. Selain berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan bahan pokok, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan pengisian pulsa, pembayaran tagihan listrik hingga tagihan kredit kendaraan.

Alasan Dinamakan Warung Kelontong

Sejarah toko kelontong di Indonesia sudah terukir sejak masa kolonial pada abad ke-19 dulu. Pada saat itu, pemerintah mendorong kenaikan produksi barang-barang kebutuhan pokok untuk masyarakat sehingga membuat pasar lokal di Indonesia banyak yang menyediakan dan menjual barang-barang tersebut. 

Masyarakat Tionghoa melihat fenomena ini sebagai suatu peluang usaha dan mulai menjajakan barang dagangannya dengan berkeliling. Sejarah toko kelontong pada mulanya terbentuk dari alat bunyi-bunyian yang sering dibawa oleh mereka. Alat itu berbentuk seperti rebana dengan tali pendek di kedua sisi dan biji bulat di ujungnya. Rebana ini digerakkan ke kiri dan kanan pada tangkainya untuk memberitahu kepada masyarakat yang ada di dalam rumah bahwa pedagang keliling itu sedang melewati rumahnya. Dari bunyi itu, banyak orang yang akhirnya membuat penamaan dengan kata 'kelontong'.

Sejarawan meneliti bahwa pada sejarah toko kelontong dulunya menjual barang yang cukup beragam, mulai dari beras, bumbu dapur, peralatan rumah tangga hingga sabun. Karena permintaan kebutuhan pokok itu semakin meningkat, para pedagang keliling mulai mendirikan toko permanen di desa-desa. Masyarakat juga menjadi lebih mudah mengakses toko tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Fenomena sejarah toko kelontong inilah yang menyebabkan banyak toko kelontong mulai berdiri secara permanen di area-area perumahan. Barang yang dijual juga semakin banyak dan beragam, berbeda dengan berjualan keliling yang dulunya jumlahnya terbatas yang bisa dibawa oleh mereka.

Selain menjual kebutuhan pokok, pada sejarah toko kelontong, pedagang juga mencoba sistem kredit untuk ibu-ibu yang ingin membeli kebutuhan rumah tangga seperti panci, piring, atau lainnya, namun belum memiliki uang yang cukup. Sejarawan menyebutkan dalam sejarah toko kelontong, sistem kredit ini dulunya disebut sebagai 'mendreng'.

Saat krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1989, tercatat pada sejarah toko kelontong menjadi tulang punggung untuk menyelamatkan keadaan ekonomi Indonesia tetap stabil. Saat krisis, ada sebanyak 99 persen pelaku usaha berjenis mikro kecil menengah turut andil membantu kebangkitan ekonomi pemerintah. 

Perbedaan Toko Sembako dan Toko Kelontong

Berdasarkan sejarah toko kelontong, mulanya orang menyebut toko dengan kata 'warung'. Toko berskala kecil ini banyak menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari. Dari banyaknya variasi barang yang dijual inilah yang memunculkan beberapa jenis toko. Ada dua jenis toko yang paling banyak ditemukan di Indonesia, yaitu toko sembako dan toko kelontong. Namun, apakah perbedaan dari kedua jenis toko itu?

Toko Sembako

Singkatan sembako diambil dari 'Sembilan Bahan Pokok'. Sesuai dengan namanya, toko ini menjual bahan-bahan pokok yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Bahan ini bisa berupa makanan ataupun minuman. Sejak dahulu, sejarah toko kelontong yang awalnya adalah toko sembako ini menjual beras, minyak, telur, daging, gula, dan lain-lain. Tanpa bahan-bahan ini, orang-orang tidak akan bisa memenuhi kebutuhan makanan sehari-harinya.

Toko Kelontong

Menilik balik sejarah toko kelontong yang tercipta dari kejelian pedagang Tionghoa melihat peluang, kini toko kelontong dapat dengan mudah diakses di area-area pemukiman. Dengan kemudahan itu, masyarakat sekitar dapat membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga selain bahan pokok secara langsung. Ada beberapa barang yang dijual oleh pemilik toko kelontong.

  1. Sembako

Selain barang lain, bahan pokok juga termasuk dalam beberapa barang yang dijual di toko kelontong. Toko kelontong juga tetap harus menyediakan sembako karena ini adalah kebutuhan mendasar yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Alat mandi dan perlengkapannya

Sejak dulu, pada sejarah toko kelontong tercatat bahwa para pedagang sudah mulai menjual sabun mandi seperti sabun atau sampo. Sekarang, produk sikat gigi, pasta gigi, hingga gayung mandi sudah bisa ditemukan di toko kelontong.

  1. Alat rumah tangga

Beberapa produk kebersihan rumah tangga seperti sabun cuci piring, sabun pel, hingga alat seperti sapu, pel, dan ember dapat dibeli di toko kelontong yang paling dekat dari tempat tinggal.

  1. Obat-obatan

Pedagang Tionghoa sejak dulu sudah bisa menjual obat-obatan herbal yang berguna untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ringan seperti demam, batuk, atau pilek. Namun sekarang, masyarakat bisa membeli obat-obatan umum di toko kelontong tanpa perlu mendatangi apotek khusus untuk membeli obat.

  1. Kebutuhan anak dan bayi

Walaupun terlihat sepele, perlengkapan anak dan bayi sangatlah penting. Jika sewaktu-waktu membutuhkan popok ataupun minyak telon hingga sabun dan sampo bayi, masyarakat bisa membelinya di toko kelontong.

Ciri Khusus Toko Kelontong

Sejarah toko kelontong mencatat bahwa para pedagang sudah mulai menentukan beberapa kriteria untuk membuka toko. Kebiasaan ini pun terbawa hingga sekarang. Bagi orang yang ini membuka toko kelontongnya sendiri pasti akan melihat dan mengikuti ciri khusus yang ada di toko kelontong. Adapun ciri khusus toko kelontong ini meliputi;

  1. Berada di pemukiman yang padat

Lihat jumlah penduduk yang akan menjadi calon tempat toko kelontongmu berdiri. Sebaiknya calon pemilik toko kelontong melakukan survei terlebih dulu.

  1. Terletak di jalur perlintasan

Dengan berada di jalur yang sering dilintasi oleh masyarakat sekitar, toko kelontong akan menjadi target utama bagi pembeli. Umumnya para pembeli akan mendatangi toko kelontong yang paling dekat dengan rumahnya atau toko yang paling sering dilihat.

  1. Ada di jalan besar

Toko kelontong yang besar umumnya mendapatkan barang dari distributor. Para distributor mengirimkan barang dalam jumlah besar dengan mobil truk. Dengan berada di jalan besar, nantinya akan memudahkan distributor mengirim pasokan barang.

  1. Toko pesaing masih sedikit

Sebelum membuka toko kelontong, lihatlah terlebih dulu apakah ada toko kelontong lain yang sudah terlebih dulu berdiri di area dimana toko kelontongmu akan berdiri. Solusi terbaik adalah membuka toko kelontong dengan jarak yang agak sedikit jauh dari toko yang sudah ada. Kamu juga bisa melihat apakah toko itu ramai pembeli atau tidak. Dengan melihat jumlah pembeli, kamu akan bisa mengetahui apakah masyarakat di area itu memiliki potensi untuk berbelanja di toko kelontongmu nantinya.

  1. Tempatkan di dekat pusat keramaian

Umumnya toko kelontong bersifat pasif dan tidak menarik pembeli secara langsung untuk berbelanja. Dengan menempatkan toko di dekat pusat keramaian seperti sekolah atau masjid, secara tidak langsung kamu sudah mempromosikan tokomu.


Terhitung dari sejarah toko kelontong sejak dulu, baik toko kelontong berskala kecil maupun besar, keduanya akan tetap dibutuhkan oleh semua orang karena masyarakat Indonesia sudah sangat bergantung pada toko kelontong. Hal yang perlu diperhatikan adalah strategi dalam mengelola operasional agar kamu sebagai pemilik usaha dapat terhindar dari kerugian.

toko kelontong
keajaiban toko kelontong namiya
keajaiban toko kelontong namiya pdf
daftar barang toko kelontong excel
usaha toko kelontong
apa itu toko kelontong
modal toko kelontong
kbli toko kelontong
daftar barang toko kelontong
gambar toko kelontong
contoh toko kelontong
toko kelontong adalah
toko kelontong artinya
toko kelontong asyari
toko kelontong ananda teluk gong
toko kelontong apakah termasuk umkm
toko kelontong asia
toko kelontong adalah usaha di bidang
toko kelontong adalah jenis usaha
toko kelontong apa
toko kelontong arti bahasa inggrisnya
aplikasi toko kelontong
apakah toko kelontong termasuk umkm
analisis swot toko kelontong
aplikasi untuk toko kelontong
aplikasi kasir toko kelontong
apa yang dimaksud toko kelontong
apa saja isi toko kelontong
apa arti toko kelontong
analisis toko kelontong dan minimarket
toko kelontong bahasa inggrisnya
toko kelontong bandung
toko kelontong bogor
toko kelontong bsd
toko kelontong banyak terdapat di pedesaan
toko kelontong balikpapan
toko kelontong besar
toko kelontong banjarmasin
toko kelontong bandar lampung
bisnis toko kelontong
buku keajaiban toko kelontong namiya
banner toko kelontong
beda toko kelontong dan sembako
berapa keuntungan toko kelontong
barang toko kelontong
bahasa inggris toko kelontong
berapa modal usaha toko kelontong
banner toko kelontong cdr
bu siti memiliki usaha toko kelontong
toko kelontong cirebon
toko kelontong convenience store
toko kelontong cina
toko kelontong cimahi
toko kelontong cilegon
spanduk toko kelontong cdr
toko kelontong di cirebon
distributor toko kelontong cikarang
download spanduk toko kelontong cdr
cara daftar src toko kelontong
contoh nota toko kelontong
cara buka toko kelontong
contoh laporan keuangan toko kelontong
contoh rab toko kelontong
contoh pembukuan toko kelontong
ciri ciri toko kelontong
contoh proposal usaha toko kelontong
cara membuka toko kelontong
toko kelontong dalam bahasa inggris
toko kelontong dekat sini
toko kelontong digital
toko kelontong di kelapa gading
toko kelontong di pasar muara karang
toko kelontong di wonosari
toko kelontong di jatisrono
toko kelontong di karanganyar
toko kelontong di bandung
toko kelontong di bogor
desain toko kelontong
download keajaiban toko kelontong namiya pdf
daftar harga toko kelontong
distributor toko kelontong
desain toko kelontong minimalis
desain rumah dan toko kelontong
definisi toko kelontong
daftar belanja toko kelontong
toko kelontong estetik
toko kelontong elektronik
toko kelontong in english
toko kelontong namiya epub
aplikasi toko kelontong excel
pembukuan toko kelontong excel
laporan keuangan toko kelontong excel
laporan keuangan toko kelontong excel download
download daftar barang toko kelontong excel
ebook keajaiban toko kelontong namiya
erd toko kelontong
etalase toko kelontong
excel untuk toko kelontong
erek erek toko kelontong
toko kelontong namiya film
franchise toko kelontong
foto toko kelontong sederhana
foto toko kelontong tampak depan
software toko kelontong gratis full version
foto toko kelontong kecil
foto toko kelontong modern
fakta toko kelontong
toko definition
film keajaiban toko kelontong namiya
format laporan keuangan toko kelontong excel
fungsi dan kegunaan toko kelontong
cash flow toko kelontong
toko kelontong grosir terdekat
toko kelontong gading serpong
toko kelontong grosir
toko kelontong garut
toko kelontong grosir modern
toko kelontong gunungpati semarang
toko kelontong gunung pati
toko kelontong kelapa gading
toko kelontong namiya gramedia
grosir toko kelontong
gaji pegawai toko kelontong
gaji karyawan toko kelontong
gambar toko kelontong modern
gambar toko kelontong kartun
gambar toko kelontong minimalis
gambar toko kelontong rumahan
gantungan toko kelontong
gambar toko kelontong sederhana
toko kelontong hok
toko kelontong hijau bahasa inggrisnya
toko kelontong hijau dalam bahasa inggris
toko kelontong hijau arti
penghasilan toko kelontong per hari
hpp toko kelontong
keajaiban toko kelontong namiya harga
toko kelontong dan harga
harga toko kelontong
harga rokok di toko kelontong
harga mesin kasir untuk toko kelontong
harga barang toko kelontong
harga rak toko kelontong
harga buku keajaiban toko kelontong namiya
harga rokok toko kelontong
harga buku toko kelontong
harga minyak goreng di toko kelontong
harga rak toko kelontong medan
toko kelontong indonesia
toko kelontong itu apa
toko kelontong in
jumlah toko kelontong di indonesia
jumlah toko kelontong di indonesia bps
jumlah toko kelontong di indonesia 2021
nama toko kelontong islami
toko kelontong sistem informasi
isi toko kelontong
izin usaha toko kelontong
ide nama toko kelontong
isi toko kelontong apa saja
ibu memiliki toko kelontong
isi toko kelontong lengkap
inspirasi nama toko kelontong
ide toko kelontong
ide jualan di toko kelontong
isian toko kelontong
toko kelontong jogja
toko kelontong jual apa saja
toko kelontong jakarta selatan
toko kelontong jakarta
toko kelontong jembatan lima
toko kelontong jenis usaha
toko kelontong jambi
toko kelontong jakarta pusat
toko kelontong jakarta barat
toko kelontong jakarta utara
jualan toko kelontong
jenis usaha toko kelontong
jual toko kelontong
jenis toko kelontong
jurnal toko kelontong
jenis barang toko kelontong
jurnal tentang toko kelontong
toko kelontong kecil kecilan
toko kelontong kbbi
toko kelontong kecil
toko kelontong korea
toko kelontong kbli
toko kelontong kediri
toko kelontong kekinian
toko kelontong komplit
toko kelontong klaten
keajaiban toko kelontong namiya goodreads
keajaiban toko kelontong namiya film
keajaiban toko kelontong namiya review
keuntungan toko kelontong
keajaiban toko kelontong namiya sinopsis
keajaiban toko kelontong namiya pdf download
kode klu toko kelontong
toko kelontong lengkap
toko kelontong lampung
toko kelontong lokal
gambar toko kelontong lengkap
tips toko kelontong laris
daftar toko kelontong lengkap
toko kelontong di luar negeri
latar belakang toko kelontong
list barang toko kelontong
laporan keuangan toko kelontong
logo toko kelontong
laba toko kelontong
layout toko kelontong
luas toko kelontong
laporan laba rugi toko kelontong
toko kelontong madura
toko kelontong modern
toko kelontong masa kini
toko kelontong makassar
toko kelontong modal 20 juta
toko kelontong menjual apa saja
toko kelontong murah terdekat
toko kelontong modal 10 juta
toko kelontong modal 50 juta
toko kelontong muara karang
modal buka toko kelontong
manajemen toko kelontong
modal membuka toko kelontong
modal awal toko kelontong
model rak toko kelontong dari kayu
membuka toko kelontong
modal awal buka toko kelontong
mesin kasir toko kelontong
mmt toko kelontong
toko kelontong namiya movie
toko kelontong namiya goodreads
toko kelontong namiya quotes
toko kelontong namiya pdf
toko kelontong nita
keajaiban toko kelontong namiya gramedia
nota toko kelontong
nama toko kelontong
nama toko kelontong yang unik
novel keajaiban toko kelontong namiya
nama lain toko kelontong
nib untuk toko kelontong
npwp toko kelontong
nib toko kelontong
nama toko kelontong unik
toko kelontong online
bisnis toko kelontong online
aplikasi toko kelontong online
omset toko kelontong
toko toko meaning
toko toko by radio and weasel
obat obatan toko kelontong
struktur organisasi toko kelontong
cara meningkatkan omset toko kelontong
kode oss toko kelontong
contoh laporan hasil observasi toko kelontong
jam operasional toko kelontong
toko kelontong pdf
toko kelontong pontianak
toko kelontong pik
toko kelontong purwokerto
toko kelontong palembang
toko kelontong pekanbaru
toko kelontong plastik
toko kelontong png
toko kelontong purworejo
toko kelontong ponorogo
perbedaan toko kelontong dan toko sembako
pajak toko kelontong
pengertian toko kelontong
pak abidin seorang pemilik toko kelontong
pembukuan toko kelontong
pdf keajaiban toko kelontong namiya
proposal toko kelontong
peluang usaha toko kelontong
perbedaan toko kelontong dan minimarket
penataan toko kelontong ruang sempit
toko meaning
what is toko
quotes keajaiban toko kelontong namiya
what is a toko
toko price
toko elektronik sawojajar
toko kelontong rapi
rak toko kelontong
toko kelontong bu ros
toko kelontong namiya review
agar toko kelontong ramai pembeli
usaha toko kelontong rumahan
toko kelontong solo raya
review keajaiban toko kelontong namiya
resensi buku keajaiban toko kelontong namiya
resiko usaha toko kelontong
ringkasan keajaiban toko kelontong namiya
rab toko kelontong
rumah toko kelontong
rincian modal toko kelontong
rahasia toko kelontong namiya
rak untuk toko kelontong
toko kelontong surabaya
toko kelontong selatan
toko kelontong src
toko kelontong semarang
toko kelontong sihir
toko kelontong semoga sukses
toko kelontong shop
toko kelontong sederhana
toko kelontong samarinda
toko kelontong solo
sinopsis keajaiban toko kelontong namiya
supplier toko kelontong
src toko kelontong
stempel toko kelontong
sejarah toko kelontong
slogan toko kelontong
strategi pemasaran toko kelontong
sebutkan toko kelontong as yang populer
toko kelontong terdekat
toko kelontong terdekat dari lokasi saya
toko kelontong tembalang
toko kelontong tokopedia
toko kelontong termasuk dalam jenis usaha
toko kelontong termasuk jenis usaha
toko kelontong termasuk umkm
toko kelontong termasuk dalam bidang usaha
toko kelontong terdekat dari sini
toko kelontong termasuk kategori pedagang
tagline toko kelontong
tujuan toko kelontong
tips buka toko kelontong
target pasar toko kelontong
tata letak toko kelontong
tujuan usaha toko kelontong
tujuan kegiatan usaha toko kelontong
tips agar toko kelontong laris
tarif pajak toko kelontong
toko kelontong unik
desain toko kelontong unik
toko kelontong termasuk usaha
umkm toko kelontong
usaha sampingan toko kelontong
usaha toko kelontong modern
untung rugi usaha toko kelontong
ukuran rak toko kelontong
usaha toko kelontong sederhana
usaha pendamping toko kelontong
untung toko kelontong
usaha toko kelontong biasanya memiliki modal
toko kelontong vs minimarket
toko kelontong video
meaning of toko
visi misi toko kelontong
minimarket vs toko kelontong
contoh visi misi toko kelontong
is toko a good familiar
toko kelontong wikipedia
toko kelontong wonogiri
toko warung kelontong
rak toko warung kelontong
toko atau warung kelontong
waralaba toko kelontong
perbedaan toko kelontong dan warung
apakah toko kelontong termasuk wirausaha
daftar barang toko kelontong www bisniswarung blogspot com
warna cat tembok untuk toko kelontong
warung toko kelontong
yang wajib ada di toko kelontong
perbedaan warung dan toko kelontong
daftar barang toko kelontong xls
what does toko mean
toko kelontong yang banyak berdiri di
toko kelontong yang sukses
toko kelontong yang banyak diminati
toko kelontong yang bagus
toko kelontong yang menarik
toko kelontong yang berada
nama toko kelontong yang bagus
barang toko kelontong yang cepat laku
manajemen toko kelontong yang baik
yang dijual di toko kelontong
yang termasuk toko kelontong
yang harus ada di toko kelontong
barang yang dijual di toko kelontong
produk yang dijual di toko kelontong
apa saja yang dijual toko kelontong
apa yang dijual di toko kelontong
apa yang dimaksud dengan toko kelontong
cara menghitung zakat toko kelontong
toko toko ni no kuni
yakuza 0 tokokichi
toko kelontong modal 100 juta
toko kelontong 24 jam
toko kelontong 24 jam terdekat
toko kelontong 2015
bantuan untuk toko kelontong 2022
kbli 2020 toko kelontong
2 one ja 2 meaning
toko kelontong modal 30 juta
toko kelontong modal 3 juta
whats a toko
4 loko total wine
toko kelontong modal 5 juta
6 tokay lane monsey ny
7 tokeneke road darien ct
8 tokalon place metairie la
toko 8
toko 8 surabaya
toko 8 raya
toko 9
9 tokanel rd windham nh
9 tokeneke trail darien ct